Saturday, June 23, 2012

Cara Merawat Notebook

cara merawat notebook | cara merawat netbook
cara merawat notebook – Saat ini harga notebook sangat bersaing dengan komputer. Namun dalam masalah perawatannya notebook memerlukan perawatan yang lebih khusus ketimbang pc (komputer), karena notebook dapat dengan mudah dipindah-pindah dan komponennya cenderung relatif lebih mahal ketimbang pc.
Jenis perawatannyapun bermacam-macam, melalui artikel cara merawat notebook ini akan kami paparkan beberapa hal penting mengenai perawatan notebook, sebagai berikut:
1. LCD (layar) Notebook
tempel layar notebook dengan menggunakan screen protector (sejenis stiker transparant) agar jika layar tergores, tidak sampai merusak fisiknya karena terlindungi oleh screen protector. Banyak terdapat di pusat perbelanjaan komputer.
2. Keyboard Notebook
keyboard juga termasuk salah satu komponen yang cukup vital, karena pada keyboard notebook terdapat celah-celah untuk masuknya kotoran (debu, paper clip dan benda-benda kecil lainnya) dan bahkan lebih parahnya percikan atau air sangat rawan bisa masuk melalui celah-celah ini juga dan pada akhirnya dapat menyebabkan notebook mati total karena konslet.
Untuk mengantisipasi hal di atas lindungilah keyboard Anda dengan pelindungi semacam karet (bahan silicon) yang berupa lembaran. Dengan dilindunginya keyboard Anda, maka setiap huruf atau angka yang tertera di atas setiap tuts dari keyboard Anda tidak mudah hilang.
3. Charger dan baterai
Cabutlah charger Anda dari notebook bila sudah penuh dan lepaskan charger dari listrik (stop kontak). Jika menggunakan baterai, jangan menggunakan sampai daya di dalam baterai itu sampai habis, karena dapat menyebabkan kerusakan pada baterai yang bersangkutan atau drop. Bila indikator pada laptop sudah menunjukkan baterai akan habis, segeralah untuk menchargernya kembali.
4. DVD (DVDRW) Notebook
Jika memasukkan cd /dvd kedalam DVD Drive periksa dahulu DVD nya (piringannya), jangan sampai medianya beret-beret atau sudah hampir pecah. Karena cd atau dvd yang sudah sangat beret-beret akan memaksa kerja optik pada dvd drive dan lama kelamaan mata optiknya akan rusak. Dan jika memasukkan cd atau dvd yang sudah atau hampir patah dapat mengakibatkan nanti cd atau dvd nya pecah atau patah di dalam drivenya dan hal ini juga dapat merusak dvd drive tersebut.
Beberapa hal cara merawat notebook di atas yang paling umum. Semoga artikel cara merawat notebook di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Cara perawatan di atas juga berlaku pada netbook. Semoga notebook Anda awet dan selamat mempraktekkan.

0 comments:

Post a Comment

 
Penanggung Jawab Miftah Budi Kurniawan | Supported by Cheat Game 4U