Saturday, June 23, 2012

Mempercepat Kinerja Windows 7

mempercepat kinerja windows 7Mempercepat kinerja windows 7 – Saat ini sistem operasi Windows 7 sudah digunakan oleh jutaan pengguna komputer dan Laptop diseluruh dunia. Berbeda dengan Windows sebelumnya, Windows 7 bisa klaim merupakan sistem operasi tanpa masalah serius dan merupakan sistem operasi windows yang paling sukses. Namun tidak sedikit pengguna yang masih mengeluhkan performa dari Windows 7.

Berikut ini adalah tips mempercepat kinerja windows 7 :
1. Nonaktifkan service yang tidak diperlukan
Me-nonaktifkan service yang tidak diperlukan dapat meningkatkan kecepatan booting system PC atau Laptop. Berikut diantaranya beberapa service yang saya rasa anda perlu menon-aktifkannya, karena sangat berpengaruh pada kecepatan PC atau Laptop agan, diantaranya :
Application Experience;
Diagnostic Policy Service;
Distributed Link Tracking Client;
IP Helper;
Offline Files;
Portable Device Enumerator Service;
Protected Storage;
Secondary Logon;
Security Center;
Tablet PC Input Service;
TCP/IP NetBIOS Helper;
Windows Error Reporting Service;
Windows Media Center Service Launcher.
Langkahnya untuk menon-aktifkan Service tersebut,
klik [Start] ketik [Services] pada kotak [Search] klik kanan pada Service yang ingin agan ubah statusnya, pilih [Properties] pada startup type tentukan yang agan mau, pilihan diantaranya : [Automatic (Delayed Start)] – [Automatic] – [Manual] – [Disable]. Klik [OK] lalu [Restart] PC atau Laptop.
2. Tips mempercepat kinerja windows 7 yang ke 2, Jika Hardisk anda dipartisi menjadi beberapa Drive, maka usahakan setiap drive tidak penuh, minimal 2-5 giga kosong
Caranya pindahkan data-data ke drive yang lain atau harddisk eksternal. Dan uninstall (buang) program yang tidak diperlukan lagi.
3. Selalu rutin defrag Hardisk minimal 1 sekali dalam 1 bulan, jika pemakaian rutin
Defragment Harddisk dilakukan untuk memperbaiki harddisk ‘fragmented’ atau ‘fragmentasi’. Ini disebabkan PC atau Laptop terlalu sering diinstall atau uninstall program. ‘Fragmented’ atau ‘fragmentasi’ harddisk menimbulkan kinerja PC atau Laptop menurun karena Fragmentasi pada harddisk membuat PC atau Laptop bekerja extra keras, karena harddisk mencari data/file/program di lokasi yang terpencar-pencar.
Defragment Harddisk bisa anda lakukan dengan cara :
klik [Start] klik [All Program] klik [Accessories] klik [System Tools] klik [Disk Defragmenter] lakukan Defragment Harddisk pada semua driver PC atau laptop agan.
4. Tips mempercepat kinerja windows 7 yang ke 4, bersihkan file di temporary
Jangan lupa buang juga data-data yang berada pada kotak sampah atau recycle bin, temporary folder dan cache internet browser. Periksa dulu sisa ruang harddisk agan dengan cara :
klik [My Computer] pada drive yang akan diperiksa klik kanan dan pilih [Properties] (Used Space/Ruang Yang Terpakai dan Free Space/Yang Masih Kosong atau sisa Ruang Kosong).
5. Install aplikasi seperlunya saja dan buang yang tidak perlu
Perhatikan program yang tidak penting atau yang tidak pernah agan pakai yang terinstall dalam PC atau Laptop agan, hapus program tersebut karena program itu akan memakan resource agan, baik di harddisk maupun RAM, uninstall saja dengan cara :
klik [Start] klik [Control Panel] klik [Uninstall a Program] hapus program.
6. Hindari efek visual pada tampilan Windows 7 anda
Kurangi sedikit efek-efek yang kurang penting, atau bahkan hilangkan saja jika rasa mengganggu penglihatan agan. Effect Visual Windows 7 ini sangat berpengaruh terhadap kinerja kecepatan Windows 7. Langkah-langkahnya untuk mengurangi/menghilangkan Visual Effect Windows 7 adalah,
klik [Start] kemudian ketik [System Properties Performance] pada kotak [Search] pilih aplikasi yang muncul. Pilih tab [Visual Effects] hilangkan centang yang agan rasa ga penting, terakhir klik [OK].
7. Tips mempercepat kinerja windows 7 yang terakhir, Jangan menginstall software anti virus lebih dari 1
Semakin banyak anti virus yang terinstall, kinerja Windows 7 akan semakin lambat.
Diatas adalah beberapa tips untuk mempercepat kinerja windows 7, semoga dapat bermanfaat.
Referensi : onesetia82

0 comments:

Post a Comment

 
Penanggung Jawab Miftah Budi Kurniawan | Supported by Cheat Game 4U