Saturday, June 23, 2012

Mempercepat Internet


mempercepat internet | cara mempercepat koneksi internetMempercepat internet – Di era sekarang ini internet sudah bukan lagi barang mewah dan internet sudah masuk sampai kepelosok desa. Bagi yang suka browsing tentunya penggunaan internet menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi jika pekerjaan Anda memerlukan internet. Misal untuk email, mencari informasi dan lain-lain.

Sebenarnya ada banyak tips untuk mempercepat internet yang beredar di forum-forum atau blog-blog. Sebenarnya tips mempercepat internet tersebut hanyalah untuk mengoptimalkan, bukan mempercepat koneksi sampai beberapa kali lipat. Faktor utama yang mempengaruhi kecepatan internet masih bergantung pada provider yang dipakai, baru faktor lainnya seperti modem dll. Kalau provider yang dipakai memang koneksinya lambat, mau diapa-apain juga tetap tidak ada pengaruh banyak.
Ada yang menggunakan cara-cara berikut untuk mempercepat internet: merubah registry windows, seperti Setting Shared Folder, setting file temporary pada browser, Cache DNS, mengurangi Bandwidth Update Windows dll. Kali ini yang akan kita lakukan adalah Optimalisasi setingan DNS.
Dibawah ini saya paparkan tips mempercepat internet melalui mengganti DNS:
- Mengubah DNS server
DNS (domain name system) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet (wikipedia bahasa indonesia).
Fungsinya adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address. Adakalanya DNS bawaan dari provider (ISP) yang kita pakai adalah penyebab mengapa koneksi internet kita lelet/lemot. Ini bisa akibat Server sibuk, jaringan padat atau mungkin server tidak stabil. Dan imbasnya tentu saja browsing jadi sangat lambat atau tak bisa mengakses beberapa situs. Solusinya tentu saja mengganti dengan DNS dari pihak ketiga (third party). Ada banyak pilihan yang dapat kita gunakan secara gratis, diantaranya adalah open DNS, Google public DNS, dan DNS Nawala.
Open DNS : (bisa digunakan untuk memblok situs-situs negatif)
Primary : 208.67.222.222
Secondary :208.67.220.220
Google Public DNS :
Primary : 8.8.8.8
Secondary : 8.8.4.4
Nawala : (bisa digunakan untuk memblok situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti pornografi, perjudian, malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya).
Primary : 180.131.144.144
Secondary : 180.131.145.145
Untuk langkah-langkah merubah konfigurasi DNS bisa dilihat melalui video youtube di bagian atas postingan ini.
Semoga artikel cara mempercepat internet ini bisa bermanfaat buat kita semua.
referensi : wikipedia

0 comments:

Post a Comment

 
Penanggung Jawab Miftah Budi Kurniawan | Supported by Cheat Game 4U